-->

TENTANG BLOG

"Blog Tentang Pertanian baik pertanian tanaman pangan, hortikultura atau perkebunan, peternakan, perikanan, atau bertani di pekarangan rumah/ urban farming, hidroponik, vertikultur, minaponik, dll"
By Kartono Farmer (085745135415). Powered by Blogger.

Gerakan Pemberian Umpan Tikus di Canditunggal Berhasil 70 Persen

On April 26, 2019

Gerakan Pemberian Umpan Tikus di Canditunggal Berhasil 70 Persen

Gerakan Pemberian Umpan untuk mengendalikan Hama tikus yang diadakan kelompok tani lestari Desa Canditunggal Kecamatan Kalitengah, Minggu (21/4/2019), berhasil 70 persen. 


Menurut petani Canditunggal, M. Ali mengatakan bahwa kegiatan pemberian umpan ini membuahkan hasil yang maksimal, hampir 70% berhasil. Banyak tikus yang mati di pematang atau sekitar kawasan gerakan pengumpanan.


"Setelah diberi umpan 2 hari berikutnya banyak tikus yg mati, bahkan satu hari setelah diberi umpan sudah banyak tikus yg sudah menunjukkan efek dari obat yang dimakan" ujar Ali.

Salah satu petani Canditunggal, Dito menyampaikan bahwa untuk memberi umpan tikus dibutuhkan obat 1 kg, beras 36 kg dan diberi Minyak jlanta 1/2 liter atau secukupnya.

"Keberhasilan pemberian umpan tikus ini menarik minat petani Desa Kuluran yang kebetulan menjalankan mesin tanam transplanter di Desa Canditunggal. Rencananya di Kuluran akan diadakan gerakan pemberian umpan tikus", jelas Ali.

"Kalau berhasil mengatasi tikus dengan pemberian umpan ini, paling tidak bisa menghindari pemakaian setrum listrik, yang sering digunakan oleh petani" harapnya.

Gerakan pemberian umpan untuk mengendalikan hama tikus yang diadakan kelompok tani Lestari Desa Canditunggal ini difasilitasi Pemerintah Desa Kepala Desa Canditunggal. 
Kiki, PPL Pendamping Desa Canditunggal disela-sela acara sekolah lapang IPDMIP menyampaikan "terima kasih atas  peranp dan sumbangsih dari Kepala Desa dan perintah Desa Canditunggal dalam membantu petani mewujudkan kegiatan tersebut"  

Dalam acara SL IPDMIP di Balai Desa Canditunggal, Jumat (26/4/2019) Sudarto menyampaikan, Alhamdulillah setelah ada kegiatan pengumpanan tikus ini banyak tikus yang mati. Keberhasilan pemberian umpan tikus ini perlu ada tindak lanjutnya, jangan hanya sekali ini saja.

"Semoga kegiatan pemberian umpan tikus ini bisa diadopsi Desa-desa lain di Kecamatan Kalitengah" harap Sudarto, Koordinator PPL Kecamatan Kalitengah. 

Penulis: Kartono (085745135415): PPL Kec. Kalitengah Kab. Lamongan,

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »