-->

TENTANG BLOG

"Blog Tentang Pertanian baik pertanian tanaman pangan, hortikultura atau perkebunan, peternakan, perikanan, atau bertani di pekarangan rumah/ urban farming, hidroponik, vertikultur, minaponik, dll"
By Kartono Farmer (085745135415). Powered by Blogger.

Siasati Lahan Sempit, KRPL Sumber Mulyo Kembangkan Vertikultur Sayuran

On September 16, 2019

Siasati Lahan Sempit, KRPL Sumber Mulyo Kembangkan Vertikultur Sayuran

KRPL sumber mulyo Desa Kediren Semakin berbenah, setelah sukses menmenjadi juara lomba KRPL Tingkat Jawa Timur (5/11/2019), tahun 2019 ini mengikuti event nasional, diberi kepercayaan Kabupaten Lamongan untuk mengikuti Lomba Kabupaten Sehat Titik pantau KRPL.


Menjelang lomba Kabupaten sehat pada selasa (10/9/2019), KRPL Sumber Mulyo mengembangkan inovasi baru, yaitu pengembangan vertikultur sayuran untuk mensiasati lahan sempit, dan juga untuk mempercantik tampilan lingkungan. Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL).

Mujahidin, Pengurus Gapoktan Sumber Mulyo yang membuat inovasi ini mengatakan " untuk membuat vertikultur sayuran ini menggunakan paralon sebagai bahan bakunya. Proses pembuatannya Paralon 4 dim dipotong menjadi 4 bagian, dengan panjang 1 meter. Paralon ini kemudian di gergaji sebagian dengan jarak 15 cm zik zak, sehingga dalam 1 paralon bisa dibuat 12-16 lubang tanam. Untuk membuat lubang tanam ini paralon yang sudah digergaji 15 cm kemudian di panaskan dengan api kompor, kemudian di lubangi dengan bambu "

Untuk lebih jelasnya proses pembuatan, bisa dilihat video di Chanel YouTube Kartono Farmer berikut ini:

https://youtu.be/4N03LNP3kuk



Setelah paralon dilubangi, kemudian dicat warna-warni agar terlihat indah kemudian diberdirikan dengan dibuatkan cor dibawahnya sehingga bisa diberdiri dan ditata di lingkungan.

Sistem Vertikultur ini bisa digunakan untuk menanam sayuran daun seperti bayam, kangkung, sawi dan juga sayuran buah seperti tomat dan cabe, tetapi yang paling bagus memang untuk tanaman sayuran daun.

Untuk media tanam bisa menggunakan media tanah dicampur kompos atau pupuk kandang dan sekam dengan perbandingan 1:1:1. Ini perbandingan idela untuk penanaman sayuran.

Dengan adanya penanaman sayuran sistem vertikultur ini lingkungan atau kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) ini makin oke, penampilan lingkungan menjadi lebih indah, penuh dengan sayuran yang bisa dimanfaatkan untuk pemenuhan gizi keluarga dan selebihnya bisa dijual.





Kartono (085745135415): PPL Kec. Kalitengah Kab. LAMONGAN,

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »