-->

TENTANG BLOG

"Blog Tentang Pertanian baik pertanian tanaman pangan, hortikultura atau perkebunan, peternakan, perikanan, atau bertani di pekarangan rumah/ urban farming, hidroponik, vertikultur, minaponik, dll"
By Kartono Farmer (085745135415). Powered by Blogger.

Jelang Musim Tanam, Petani Kalitengah Adakan Gerdal Hama Tikus

On December 11, 2019

Jelang Musim Tanam, Petani Kalitengah Adakan Gerdal Hama Tikus

Petani Desa Butungan Kecamatan Kalitengah bersama dengan Pemerintah Desa, Muspika, BPP dan POPT mengadakan gerakan pengendalian (Gerdal) serentak Hama Tikus, Selasa (9/12/2019). Gerdal pengumpanan hama tikus ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan kelompok tani Sumber Bahagia Desa Butungan setiap menjelang musim tanam padi.


Gerakan ini merupakan upaya warga Kalitengah untuk menekan perkembangan tikus, agar hasil panennya bisa maksimal. Sebab saat ini hama tikus masih merajalela. Sebagian petani masih ada yang gagal panen, gara-gara serangan hama tikus.

Kepala Desa Butungan mengatakan "Bapak Ibu adalah Sebagai penyangga ekonomi Desa, Karena Mayoritas Penghasilan masyarakat dari Bertani. Saya mengapresiasi yang setinggi-tingginya peran Kelompok Tani Sumber Bahagia dan petani dalam upaya pengendalian Hama Tikus ini. Ini merupakan langkah awal agar hasil panen di Desa Butungan bisa maksimal".

Petugas Popt Kalitengah, Mastur mengatakan, dalam pengendalian Hama Tikus sebenarnya tidak sulit, yang sulit sebenarnya manusianya. Yang paling penting adalah kebersamaan petani dalam gerakan pengendalian, serta perlu dukungan dari berbagai pihak".

Koordinator BPP Kalitengah, Sudarto dalam kesempatan yang sama menyampaikan bahwa  gerdal Hama Tikus di Desa Butungan ini merupakan yang pertama di Kecamatan Kalitengah untuk Menjelang musim tanam 2019/2020 ini, selanjutnya akan diikuti gerakan pengendalian Hama Tikus di Desa Dibee, Pengangsalan, Kalitengah, Kediren, Kuluran, Canditunggal dan Sugihwaras. Untuk gerakan pengendalian Hama Tikus ini disediakan sedikit bantuan umpan tikus dari pemerintah, ditambah dengan racun tikus swadaya dari kelompok tani. Harapannya dengan gerakan masal ini hama tikus bisa teratasi.



Kartono (085745135415): PPL Kec. Kalitengah Kab. Lamongan,

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »