-->

TENTANG BLOG

"Blog Tentang Pertanian baik pertanian tanaman pangan, hortikultura atau perkebunan, peternakan, perikanan, atau bertani di pekarangan rumah/ urban farming, hidroponik, vertikultur, minaponik, dll"
By Kartono Farmer (085745135415). Powered by Blogger.

Ngobrol Bareng Youtuber Ndeso Berpenghasilan 12 Juta

On March 25, 2020

Ngobrol Bareng Youtuber Ndeso Berpenghasilan 12 Juta


Berawal dari info mas U Teknik (owner chanel youtube Mas U Teknik) bahwa ada seorang youtuber katanya orang Desa Dibee Kecamatan kalitengah sudah monetize. Akhirnya saya cari chanelnya. Dan nama chanelnya unik dan ndeso kalau menurut saya “iso ngene iso ngono” kalau dalam bahasa indonesianya serba bisa lah. silahkan dibuka di youtubenya. Saya lihat jumlah subscribernya ya nggak banyak-banyak amat sih Cuma 9K lebih.

Saya jadi penasaran banget ingin ketemu. Bukan karena kepincut dengan penghasilannya atau subscribe nya, sebab kalau dibandingkan dengan youtuber-youtuber sukses Indonesia bahkan asia, ya tidak ada apa-apanya tetapi yang lebih menarik perjuangannya untuk menjadi seorang youtuber.Karena kita sadari bahwa adanya keberhasilan jelas hasil dari sebuah perjuangan yang tentu banyak pengorbanannya.

Karena penasaran, saya hubungi lewat WA dan ingin ketemu kalau pulang ke Desa dibee karena saat ini domisilinya di Kecamatan Deket. Setelah beberapa bulan ketika saya lewat Desa Dibee saya bisa bertemu dan ngobrol2. Ya karena seprofesi jadi bisa ngomong ngalor ngidul masalah youtube atau lebih tepatnya saya menimba ilmu darinya, karena saya yang banyka bertanya.
Dari hasil omong-omong atau bahasa kerennya brain storming   banyak hal yang menjadi topik pembicaraan:
  • Bagaimana memulai jadi youtuber
  • Alat apa yang dipakai
  • agaimana cara belajar bisa jadi youtuber
  • Bagaimana upload video dengan target luar negeri
  • Bagaimana .... dan bagaimana ...........

Dan Yang dibicarakan ini ternyata sangat dalam tentang youtube, padahal Cuma wong ndeso yang katanya belajar youtube secara otodidak dengan alat seadanya dan membuat youtubenya dengan target luar negeri. Beliau cerita subscribernya banyak dari luar negeri seperti indian, filipina bahkan eropa. Bahkan banyak orang luar negeri yang ingin belajar dengannya.

Saya tanya saat ini sudah dapat berapa dolar?, dia menjawab ya total baru 12 juta an lah, ini juga turun karena adanya imbas corona. Dan peghasilannya yang paling banyak adalah dari luar negeri.

Inti hasil pembicaraan untuk bisa menjadi youtuber, adalah:
  • Mulai aja dulu dengan alat dan bahan seadanya, bagaimana tidak semuanya dikerjakan sendiri, juga cuma pakai HP android, kadang upload di warkop, 
  • Konten atau isi video harus bermanfaat untuk orang lain. Kalau bermanfaat, maka akan dibalas oleh Allah sendiri dengan menhasilkan dolar (jadi ingat dalil Khoirunnasi anfauhum linnas= sebaik-baiknya manusia adalah bermanfaat untuk orang lain). 
  • Selalu belajar dan belajar, kalau belajar youtube usahakan pada sumbernya, yaitu di youtube creator academy.
  • Dst
Yang ingin saya sampaikan disini adalah ternyata masih banyak peluang untuk mencari penghasilan online dari youtube atau yang lainnya, nggak usah lebay dan neko-neko, apa adanya itu lebih baik. Kalau hoby mancing ya buat chanel mancing bahkan kalau pekerjaannya ngaret pun ternyata bisa divideo dan diupload di youtube. So tetap semangat kawan. 

Kartono (085745135415): PPL Kec. Kalitengah Kab. Lamongan,

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »