-->

TENTANG BLOG

"Blog Tentang Pertanian baik pertanian tanaman pangan, hortikultura atau perkebunan, peternakan, perikanan, atau bertani di pekarangan rumah/ urban farming, hidroponik, vertikultur, minaponik, dll"
By Kartono Farmer (085745135415). Powered by Blogger.

Asosiasi Gapoktan Kalitengah Kunjungi Satu-satunya Pendopo Unik yang Dieksplor untuk Wisata, Ini Ceritanya!

On June 12, 2021

Banyuwangi (12/06/2021) - Asosiasi Gapoktan Kecamatan Kalitengah melakukan studi tour keliling Banyuwangi, diawali dari Rumah makan chen-chen, dilanjutkan dengan Destinasi wisata pertama dan sebagai ucapan selamat datang Banyuwangi, yaitu Pendopo Blambangan. Pendopo Blambangan merupakan pendopo Bupati aktif yang boleh dikunjungi oleh wisatawan.


Menurut Bagus, Staff pendopo "Pendopo Bupati Banyuwangi dibuka pada tahun 2015 saat Abdullah Azwar Anas menjadi Bupati Ke 7 Banyuwangi". 



"Tujuan dibuka ini untuk destinasi wisata dan melestarikan budaya Banyuwangi,  bukan tujuan komersial karena masuk tidak dipungut biaya alias gratis", lanjut Bagus. 

Menurutnya, Fasilitas di pendopo seperti rumah dinas Bupati mulai tahun 1771, guest house, gedung PKK, rumah peringitan untuk event out door ex makan malam, dan yang paling unik rumah Osing yang terdapat pusat sejarahnya Banyuwangi.



"Yang menjadi destinasi yang dicari disini ada sumur Sri Tanjung, yang merupakan awal mula terbentuknya kota Banyuwangi", ungkapnya.

Menurut Agustin, Tour Guide yang asli Banyuwangi, "Uniknya pendopo Blambangan dibandingkan dengan yang lain, Pendopo ini dipersilahkan untuk wisata, ada juga musholla sakti bagaimana tidak berdasarkan cerita turun temurun musholla nya pernah mau dibongkar tapi yang peninggalan Belanda tidak bisa dibongkar, ketika dibongkar kembali lagi. Selain itu terdapat 2 pohon beringin besar,  yang sebelah kiri merupakan raja dan yang sebelah  kanan putri".

Agustin lanjut bercerita "air dari sumur Sri Tanjung merupakan asal usul Banyuwangi loh, airnya banyak digunakan untuk ikhtiar berobat masyarakat, bahkan dari luar pulau". 

"Ini bukti komitmen Bupati Banyuwangi yang mempertahankan dan melestarikan situs sejarah Banyuwangi," pungkas Agustin.


Kartono (085745135415): PPL Kec. Kalitengah Kab. Lamongan,

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »