-->

TENTANG BLOG

"Blog Tentang Pertanian baik pertanian tanaman pangan, hortikultura atau perkebunan, peternakan, perikanan, atau bertani di pekarangan rumah/ urban farming, hidroponik, vertikultur, minaponik, dll"
By Kartono Farmer (085745135415). Powered by Blogger.

Follow by Email

Tingkatkan Produksi Padi di Masa Pandemi, Petani Tunjungmekar Ikuti Sekolah Lapang IPDMIP

On June 28, 2021

Lamongan (28/06/2021) - Petani Desa Tunjungmekar yang tergabung dalam Gapoktan Sumber Kencono mengikuti sekolah Lapang IPDMIP di MK II yang mulai tanam bulan Juni ini. Sekolah Lapang yang disingkat SL-IPDMIP ini dibuka langsung oleh Koordinator Penyuluh BPP Kalitengah, Sudarto, SP dan Kepala Desa Tunjungmekar. 

Kades Tunjungmekar, Suparlan mengapresiasi semangat petani yang sudah menghadiri sekolah lapang IPDMIP di Desa Tunjung mekar Kecamatan Kalitengah Kabupaten Lamongan. "Terima kasih atas kehadiran petani tunjungmekar". 

"Tahun ini ayo dicoba sekolah lapang, harapannya hasil panennya bisa lebih baik walaupun di tengah permasalahan petani, baik dari harga maupun dari hama dan penyakit tanaman", harap Suparlan. 


"Ayo kita belajar cara bertani yang terbaik kita perbarui ilmu pertanian kita dengan mengikuti sekolah lapang ini, karena ada hal-hal yang baru yang bisa diserap ilmunya dari  para pemateri di sekolah lapang IPDMIP ini", ajaknya. 

Suparlan memberikan informasi "Sekolah lapang dilaksanakan saat ini sangat tepat karena di Desa Tunjung mekar ini hampir 95% baru selesai tanam padi,  luasnya sekitar ...  hektar dengan varietas yang paling banyak ditanam adalah Inpari 42 dan 43". 

"Karena masih dalam kondisi pandemi covid 19, peserta supaya tetap menjaga protokol kesehatan dengan menerapkan 3M: mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak. Kita harus berhati-hati betul karena saat ini covid 19 kasusnya meningkat drastis."

Koordinator penyuluh pertanian Kecamatan Kalitengah, Sudarto berpesan "saat ini iklim kurang kondusif, hujan turun agak deres walaupun sudah musim kemarau dan sudah memasuki puncak masa tanam di Kecamatan Kalitengah, maka supaya lebih waspada".

"Alhamdulillah ada upaya dari pemerintah daerah hasil rapat bersama akhirnya Sekretaris Daerah Kabupaten Lamongan memerintahkan membuka Lak Kuro min 40 agar petani wilayah Bengawan jero bisa segera tanam padi semua," lanjut Sudarto. 

"Harapan kami Bapak-Bapak jangan putus semangat untuk bertani padi walaupun banyak tantangan dan hambatannya," harapnya.

Lebih detail Sudarto menerangkan bahwa "Sekolah lapang ini sebagai upaya untuk meningkatkan produksi Padi di lahan  irigasi IPDMIP. Pertanian tidak boleh berhenti, walaupun masa Pandemi Covid-19 karena kita yang mensuplai pangan masyarakat Indonesia".

Dalam kesempatan yang sama, aSetyorini,  Pendamping IPDMIP Kabupaten Lamongan menjelaskan "tujuan program ini membantu pemerintah untuk mencapai kedaulatan pangan dengan meningkatkan produksi". 

"Saat ini untuk meningkatkan produksi tidak bisa dengan perluasan lahan, karena lahan pertanian malah berkurang,   tetapi dengan intensifikasi pertanian diantaranya dengan menerapkan Sistem Jajar Legowo, memperbaiki sistem pemupukan berimbang, dan pengendalian hama penyakit dengan Manajemen Tanaman sehat," Lanjut Rini.

"Karena kegiatan sekolah lapang ini dilaksanakan ditengah pandemi, maka supaya tetap jaga prokes," pesan Rini yang asli Malang ini. 

Setelah dibuka, acara dilanjutkan dengan kontrak belajar untuk menentukan waktu kegiatan, peraturan dan pembagian kelompok". 

Kartono (085745135415): PPL Kec. Kalitengah Kab. Lamongan,

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »