-->

TENTANG BLOG

"Blog Tentang Pertanian baik pertanian tanaman pangan, hortikultura atau perkebunan, peternakan, perikanan, atau bertani di pekarangan rumah/ urban farming, hidroponik, vertikultur, minaponik, dll"
By Kartono Farmer (085745135415). Powered by Blogger.

Jelang Musim Tanam, BPP Kalitengah Adakan Penyuluhan Pengendalian OPT

On October 28, 2021

Menjelang musim tanam 2021/2022 BPP Kalitengah  mengadakan penyuluhan tentang pengendalian organisme pengganggu tanaman atau OPT. Acara ini digagas oleh gabungan kelompok tani Sumber Mulyo Desa kediren Kec. Kalitengah. Penyuluhan dilaksanakan di balai desa Kediren Kecamatan Kalitengah Kabupaten Lamongan dan diikuti oleh 70 petani.

Menurut pengurus gapoktan Sumber Mulyo Desa kediren, Mujahidin "kegiatan ini adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap menjelang musim tanam dalam upaya pengamanan produksi padi agar tidak terkena serangan hama dan penyakit sehingga panennya berhasil".

"Sebelum kegiatan penyuluhan ini, didampingi penyuluh pertanian dari BPP Kalitengah dan pihak Desa,  kami mengadakan  kegiatan pengumpanan tikus secara massal yang dihadiri Camat Kalitengah Ir. H. Mulkan, MM dan semua petani kediren baik yang punya lahan sawah maupun Tegal," tambah Mujahidin. 


"Pengumpanan dilakukan dengan menggunakan racun atau rodentisida yang dicampur dengan beras dan pakan ternak. Dengan adanya pengumpanan ini diharapkan tanaman padi aman dari serangan hama tikus," terang Mujahidin. 

Kades Kediren, Soedjai, mengatakan "Kami mengapresiasi kegiatan pengendalian OPT yang dilakukan oleh kelompok tani. Pihak Desa akan memfasilitasi kebutuhan petani, diantaranya dengan membangun rumah burung hantu". 

Kartono, PPL Wilbin II Kecamatan Kalitengah menyampaikan "Alhamdulillah petani kompak, mau diajak untuk maju bersama dalam rangka upaya pengamanan produksi padi di Desa Kediren".

"PPL Kalitengah siap mendampingi petani saat dibutuhkan, termasuk malam hari ini Alhamdulillah bisa diadakan penyuluhan untuk meningkatkan kapasitas petani dan kelompok tani dalam melaksanakan budidaya pertanian," tambah Kartono. 

Menurut Mastur, Koordinator POPT Kabupaten Lamongan "pengendalian opt diawali dengan pengamatan di lapangan. Apabila OPT masih terkendali maka tidak perlu dilakukan pengendalian yang berlebihan dengan menggunakan pestisida dosis tinggi. Pengendalian lebih diutamakan pencegahan dengan pemberian agen hayati pada tanaman sebelum ada serangan OPT, seperti penyemprotan Beauveria untuk pengendalian hama wereng dan hama lainnya". 

"Untuk pengendalian hama tikus yang saat ini mulai merajalela lagi bisa dilakukan dengan berbagai cara diantaranya; dengan pengumpanan tikus secara massal sebelum sebelum ada tanaman; pengemposan di lubang tikus dan pengendalian secara alami dengan menggunakan musuh alami tikus yaitu burung hantu. Karena burung hantu sangat efektif untuk mengendalikan tikus sebab makanannya 90% adalah tikus". Lanjut Mastur. 

"Alhamdulillah di kecamatan Kalitengah sudah ada gerakan larangan berburu Burung hantu, ular, katak, Garangan dan nyambik, dan itu harus kita patuhi agar tikus terkendali". 


Kartono (085745135415): PPL Kec. Kalitengah Kab. Lamongan,

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »