-->

TENTANG BLOG

"Blog Tentang Pertanian baik pertanian tanaman pangan, hortikultura atau perkebunan, peternakan, perikanan, atau bertani di pekarangan rumah/ urban farming, hidroponik, vertikultur, minaponik, dll"
By Kartono Farmer (085745135415). Diberdayakan oleh Blogger.

BPP Sambeng Dampingi Anak PAUD & TK Belajar Bertani Sejak Dini

On Desember 20, 2021

PAUD & TK PKK Nogojatisari dan TK Dharma Wanita Ardirejo belajar bertani di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Sambeng pada hari Jumat (Tgl 10 dan 17 Desember 2021). Kegiatan ini diikuti 34 anak yang terdiri dari 19 Anak Paud dan TK PKK Desa Nogojatisari dan 15 Anak TK Dharma Wanita Desa Ardirejo Kec.Sambeng. 

Kegiatan ini merupakan Sentra Alam anak PAUD dan TK, sebagai salah satu wahana bermain anak usia dini dalam model pembelajaran Metode Sentra. Di dalamnya tersedia berbagai macam alat dan bahan yang dibutuhkan anak untuk membangun kemampuan sensorimotor agar berfungsi sempurna dalam mengarungi kehidupannya di kemudian hari.

Menurut Ida, Penyuluh Pertanian BPP Sambeng, pada  kegiatan  Sentra Alam di BPP Sambeng ini anak-anak kami ajak belajar tanam padi, belajar tanam sayur, jalan-jalan di Areal persawahan, sambil memperkenalkan dunia pertanian pada anak-anak sambil bermain".

"Dengan mengerti akan dunia pertanian, maka akan membuat mereka bangga menjadi petani dan tak malu jadi anak petani , sehingga bisa menghargai jerih payah petani," tambah Ida. 

Ida menerangkan, Menerapkan salah satu fungsi BPP sebagai pusat pembelajaran, kita tidak hanya mendampingi pembelajaran bagi petani yang tergabung dalam Kelompok tani dan Gabungan kelompok tani dalam budidaya tanaman pangan atau hortikultura, tetapi juga mengajari anak-anak belejar bertani untuk menumbuhkan jiwa bangga menjadi petani dan bangga menjadi anak petani, dan ini harus ditanamkan sejak dini bahwa anak petani juga bisa berhasil.  

Menurut guru PAUD, Wiwin Yusufianti "Kegiatan sentra alam ini bisa mencakup ke beberapa tema, Tema tanaman, Tema profesi, tema air dan tema udara". 

"Kegiatan ini membantu perkembangan motorik halus serta kasar anak, Anak bisa menggunakan semua anggota badan mereka untuk beraktifitas, Anak mengenal berbagai macam tanaman, cara tanam, manfaat tanaman serta dapat menanamkan bangga menjadi seorang petani karena dari petanilah kita bisa menikmati hasil pertanian salah satunya makanan pokok kita Padi," pungkasnya. 




Kartono (085745135415): PPL Kec. Kalitengah Kab. Lamongan,

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »