-->

TENTANG BLOG

"Blog Tentang Pertanian baik pertanian tanaman pangan, hortikultura atau perkebunan, peternakan, perikanan, atau bertani di pekarangan rumah/ urban farming, hidroponik, vertikultur, minaponik, dll"
By Kartono Farmer (085745135415). Powered by Blogger.

Tingkatkan Kualitas Benih Padi, Dinas Pertanian Jatim mengadakan Bimtek Bagi Penyuluh

On February 10, 2022

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Jawa Timur mengadakan Bimbingan Teknis Penyuluhan Pertanian bagi Penyuluh se-Jawa Timur. Pembukaan Bimtek Penyuluhan Pertanian diadakan di Savana Hotel and convention Malang, Kamis (10/2/2022). 


Ketua panitia, menyampaikan " Bimtek ini untuk meningkatkan pengetahuan penyuluh pertanian Jawa timur, terutama jenis-jenis padi, cara produksi benih padi, Memproses bibit padi dan sertifikasi nya".

Bimtek ini diikuti 56 peserta dari 38 Kabupaten dan kota di Jawa Timur. Sedangkan fasilitator berasal dari BPTP Jawa Timur dan Penangkar Benih UD. Padimas Singosari Malang.

"Tujuannya peningkatan produksi padi dengan Jarwo super dan produksi benih padi yang bersertifikat," terang panitia. 

Koordinator Penyuluh, Diah mewakili Kepala Dinas membacakan sambutan tertulis Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Jawa Timur "Dinas pertanian Jawa timur mendukung ketahanan pangan, salah satunya mengadakan Bimbingan teknis bagi Penyuluh Pertanian, sebagai garda terdepan yang berhubungan langsung dengan petani di lapangan".

"Benih padi yang unggul dan adaptif diharapkan meningkatkan produktifitas ta g didukung teknik budidaya yang baik dan ramah lingkungan". 

"Benih bermutu yang sesuai kebutuhan petani harus dijamin ketersediaannya. Selain tersedia di toko juga harus diproduksi sendiri oleh Poktan dan Gapoktan". 

"Bimtek ini untuk meningkatkan pengetahuan tentang jenis padi, cara budidaya padi berkualitas dan cara proses benih padi sampai bersertifikat. Harapannya bisa disampaikan pada penyuluh ditingkat BPP/Kecamatan" Pungkasnya. 



*) Penulis: Kartono, S.TP  (PPL Kec. Kalitengah Kab. Lamongan Jatim)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »