-->

TENTANG BLOG

"Blog Tentang Pertanian baik pertanian tanaman pangan, hortikultura atau perkebunan, peternakan, perikanan, atau bertani di pekarangan rumah/ urban farming, hidroponik, vertikultur, minaponik, dll"

ARTIKEL TERBARU

By Kartono Farmer (085745135415). Diberdayakan oleh Blogger.

Kerjasama dengan Balitjestro, Kalitengah Kembangkan 3000 Tanaman Buah

On Maret 31, 2022

Kalitengah-Setelah kunjungan 20 kepala Desa ke Balitjestro Malang, Petani Kalitengah mendapatkan bantuan 3000 bibit, klengkeng kateki 1000 batang, anggur Kediri Kuning 1000 batang dan jeruk Siam Pontianak 1000 batang. Agar pengembangan 3 jenis tanaman ini sukses di Kalitengah, 40 orang Petani dari 20 Desa dilatih teknis budidaya dari Balitjestro pada Kamis (31/3/2022).  

Membuka acara pelatihan, DR. Harwanto, Kepala Balitjestro Malang menyampaikan "1000 Kelengkeng yang kita berikan ini varietas Kateki, varietas yang lagi dicari saat ini, karena rasanya enak, buahnya tebal dan isinya kecil. Semoga tumbuh dengan baik di Kalitengah". 

"Dengan Inisiasi pengembangan tanaman jeruk, kelengkeng dan Anggur dari Balitjestro ini semoga ada nilai tambah dari kegiatan ini, penghasilan petani meningkat," Harap Harwanto.

Camat Kalitengah memprogramkan wilayahnya menjadi salah satu sentra buah di Kabupaten Lamongan, yaitu sentra Kelengkeng, Jeruk dan Anggur. Hal ini sesuai dengan yel-yel "Kalitengah penuh buah, Kalitengah penuh bunga".


"Mudah-mudahan dibudidayakan dengan baik, semoga 4 tahun berkembang menjadi wisata edukasi petik buah," Harap Mulkan. 

DR. Anang, pemateri dari Balitjestro menjelaskan "Syarat jeruk berhasil itu pertama tanamannya harus benar dulu, varietasnya bagus dan berlabel".

"Peluang usaha jeruk sangat menjanjikan, B/C rasionya 1,82-3,90, modal 1 juta bisa berkembang kira-kira menjadi 9 juta, dan jangan lupa 3% kembali ke Tanamannya berupa Pupuk" ungkap Anang. 

Anang menjelaskan kunci pemeliharaan pada budidaya jeruk " tanaman jeruk dipelihara dari 1 batang menjadi 3 batang utama selanjutnya 9 batang sekunder, rumusnya 1:3:9". 

"Tanam jeruk itu batang bawah jangan ditutup, sampai jeruknya mati, karena beresiko kalau batang atas tertutup, maka akan tumbuh akar dari batang atas". 

Menjawab pertanyaan Munaji Kalitengah, Anang menerangkan, "Jeruk sangat cocok di daerah panas, tambah panas tambah bagus asalkan jangan tergenang air. Sedangkan untuk mendapatkan rasa jeruk agar manis, maka perlu di Pupuk, prinsipnya 3% dari hasil untuk pemupukan, karena saat ini dimasyarakat jarang ngasih pupuk tanaman jeruk". 

Kartono (085745135415): PPL Kec. Kalitengah Kab. Lamongan,

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »