-->

TENTANG BLOG

"Blog Tentang Pertanian baik pertanian tanaman pangan, hortikultura atau perkebunan, peternakan, perikanan, atau bertani di pekarangan rumah/ urban farming, hidroponik, vertikultur, minaponik, dll"
By Kartono Farmer (085745135415). Diberdayakan oleh Blogger.

Gapoktan Tani Makmur Desa Kalitengah Adakan Penyuluhan dan Temu Tani

On Juli 27, 2022

Kalitengah (27/6) - Gabungan kelompok tani (Gapoktan) Tani makmur Desa Kalitengah mengadakan acara Penyuluhan dan temu tani, bertempat di Balai Desa Kalitengah, Pada Rabu (27/6/2022).

Acara yang diprakarsai Gapoktan kalitengah ini dihadiri 50 orang petani yang tergabung dalam 2 kelompok tani, kelompok tani (Poktan) Tani Makmur 01 dan Tani makmur II. 

Kades Kalitengah, Ardik mengatakan " pelatihan ini untuk membantu petani dalam budidaya pertanian, sehingga usaha pertaniannya tidak ada masalah".

"Pemerintah desa sangat mendukung petani, Poktan dan Gapoktan dalam mengembangkan pertanian di Kalitengah. Wujudnya bisa dengan pembangunan dan perbaikan sarana irigasi pertanian atau fasilitasi lainnya," tambah Kades Kalitengah.

Kades Ardik mengungkapkan "Tahun lalu Pemdes Kalitengah memfasilitasi pembuatan 12 unit Rumah burung hantu, sebagai wujud pengendalian tikus dengan menggunakan musuh alami (Burung Hantu), selain itu juga diprogramkan pengumpanan tikus secara kontinu". 

Dalam penyuluhan dan temu tani kali ini, Gapoktan kalitengah menghadirkan penyuluh pertanian dari BPP Kalitengah Kartono bersama dengan Produsen Benih Pertiwi dan PT. Kalatham. 

Kartono menjelaskan tentang cara pengendalian asam-asaman yang sering terjadi di Desa Kalitengah. "Asem-aseman ini sering terjadi pada lahan yang drainasenya jelek, bahan organik kurang, dan biasanya terjadi pada bulan Januari sampai Mei".

"Kita harus memperbaiki drainase di lahan sawah, apabila 

Firman dari Pertiwi menjelaskan bahwa Padi varietas Pak Tiwi ini sangat cocok ditanam di Kalitengah, karena tahan wereng, produksi bisa sampai 12 ton per Ha, anakan banyak, daun bendera seperti 42 dan tahan roboh. 

"Hanya saja umurnya agak lama, sekitar 125 Hari," terangnya. 

Terkait asam-asaman, Afan menjelaskan "saat padi terkena asam-asaman jangan dipupuk dulu, tapi kita infus dulu dengan disemprot menggunakan mikrofit".


Kartono (085745135415): PPL Kec. Kalitengah Kab. Lamongan,

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »