-->

TENTANG BLOG

"Blog Tentang Pertanian baik pertanian tanaman pangan, hortikultura atau perkebunan, peternakan, perikanan, atau bertani di pekarangan rumah/ urban farming, hidroponik, vertikultur, minaponik, dll"

ARTIKEL TERBARU

By Kartono Farmer (085745135415). Diberdayakan oleh Blogger.

Pupuk Langkah, BPP Kalitengah Gelar Pelatihan Tematik Pembuatan BIOSAKA

On September 28, 2022

Kalitengah (28/9) - Menyikapi adanya kelangkaan pupuk dan pengurangan subsidi pupuk, BPP Kalitengah mengadakan pelatihan tematik pembuatan Biosaka, yang telah terbukti bisa mengurangi pemakaian pupuk kimia. Kegiatan ini diadakan di ruang pertemuan BPP Kalitengah, Rabu (28/9/2022). 


Abas Sholeh, KUPT PPPK Solokuro menyampaikan permasalahan pupuk yang ada di Lamongan, khususnya di Solokuro. Selain itu, Abas Sholeh juga mengajak petani meningkatkan penggunaan pupuk organik untuk membantu produksi pertanian. 

"Pembuatan Biosaka ini inovasi baru, bahan-bahannya bisa kita dapatkan dari disekitar kita, yaitu dari rumput-rumputan dan daun-daunan. Selain itu, bisa dilakukan dengan mudah tanpa fermentasi dan langsung bisa diaplikasi," terang Abas Sholeh.

"Semoga pembuatan Biosaka ini berhasil dan bisa diterapkan di lapangan. Memang kita harus kembali ke organik dengan menggunakan bahan-bahan di alam, kita kembali ke alam," harapnya. 

Petani Kalitengah kemudian diajari cara mencari jenis rumput dan daun yang akan digunakan Biosaka, kemudian diremas dalam wadah bak yang terlebih dahulu dikasih air sebanyak 5 liter selama 5-10 menit. 


Gathot Sukamto, Ketua Asosiasi Gapoktan Sumber Makmur Kalitengah mengatakan "Alhamdulillah baru pertama kali praktek, tapi hasilnya memuaskan, biosaka hasil praktek berwarna hijau, ada yang hijau pekat, tidak ada endapan dan homogen," ujarnya. 

"Ini bisa ditindaklanjuti oleh petani dengan membuat sendiri di rumah untuk diaplikasi di lahan pertanian atau bisa untuk menyemprot tanaman di pekarangan rumah," lanjut Gathot. 

Kartono (085745135415): PPL Kec. Kalitengah Kab. Lamongan,

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »