-->

TENTANG BLOG

"Blog Tentang Pertanian baik pertanian tanaman pangan, hortikultura atau perkebunan, peternakan, perikanan, atau bertani di pekarangan rumah/ urban farming, hidroponik, vertikultur, minaponik, dll"

ARTIKEL TERBARU

By Kartono Farmer (085745135415). Diberdayakan oleh Blogger.

60 Peserta SL-IPDMIP Kalitengah Belajar Budidaya Padi ke BPTP Malang

On Oktober 11, 2022

Lamongan - BPP Kalitengah memfasilitasi peserta SL IPDMIP dari desa Mungli dan desa Tunjungmekar studi banding dan belajar budidaya padi di BPTP Malang Jawa Timur, Selasa (11/10/2022). 

Kegiatan ini diikuti 60 orang petani peserta SL IPDMIP dan didampingi 6 orang penyuluh, POPT dan pendamping IPDMIP.

Mengawali sambutannya, Dr. Atekan, kepala BPTP Malang mengapresiasi kinerja petani yang sukses dan semangat terus memproduksi padi. "Terimakasih atas perjuangan petani, termasuk perjuangan petani Lamongan, sehingga 3 tahun ini Indonesia tidak impor beras dari luar negeri," ucapnya. 

Dr. Atekan juga menginformasikan bahwa BPTP ini telah mengembangkan padi genjah yang namanya cakrabuana, dalam kondisi terik matahari normal, umurnya cuma 75 HST dan hasil.

"Varietas unggul padi yang Bapak-bapak tanam itu hasil penelitian BPTP ini, seperti Inpari yang kepanjangannya inbrida padi sawah irigasi ini," tambahnya. 

Dari segi peternakan, lanjut Atekan, BPTP juga mengembangkan ayam KUB, yang saat ini sangat diminati petani karena keunggulan produksinya. 

Terbaru, Dr. Atekan menginformasikan, bahwa BPTP dalam proses berganti nama menjadi balai pelayanan standarisasi pertanian. "Benih padi bapak-bapak juga harus berstandar, termasuk teknik budidaya di lahan, juga harus sesuai standar. Nanti proses standarisasinya ya disini" ucapnya. 

Dr. Atekan yang ternyata asli Lamongan ini sangat memotivasi para petani agar semangat menyekolahkan anaknya, "Orang Lamongan ini pintar-pintar, karena banyak makan ikan, tinggi proteinnya. Maka, Ayo kita dorong anak-anak kita untuk berprestasi". 

Selanjutnya petani kalitengah mendapatkan materi tentang budidaya padi sawah tambak dari peneliti BPTP Malang, Adriansyah.

Dalam paparannya, Adriansyah menyampaikan kalau di lahan tambak maka pilihlah varietas yang produktivitas tinggi, perakaran kuat, tahan rendaman, seperti Inpari 29 Rendaman. 



Kartono (085745135415): PPL Kec. Kalitengah Kab. Lamongan,

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »