-->

TENTANG BLOG

"Blog Tentang Pertanian baik pertanian tanaman pangan, hortikultura atau perkebunan, peternakan, perikanan, atau bertani di pekarangan rumah/ urban farming, hidroponik, vertikultur, minaponik, dll"

ARTIKEL TERBARU

By Kartono Farmer (085745135415). Diberdayakan oleh Blogger.

Poktan Harta Agung 05 Adakan Gerakan Pengendalian OPT pakai Agens Hayati

On Januari 22, 2023

Kalitengah (10/1) - Poktan Harta Agung 05 Desa Sugihwaras mengadakan gerakan Pengendalian serentak agens hayati untuk mengendalikan OPT yang menyerang tanaman padi. 

Kegiatan ini diikuti 30 orang petani dan dihadiri oleh Kortikab POPT Kabupaten Lamongan, Mastur AS, SP, MMA, POPT Lamongan, Jono, POPT Kalitengah Khusnun, KPPAH Lamongan dan juga didampingi penyuluh pertanian Kecamatan Kalitengah. 

Jono, POPT Kabupaten Lamongan menyampaikan, "Hari ini kita melaksanakan pengendalian OPT secara serentak dengan menggunakan Agens hayati Pgpr. Hal ini diawali dari pengamatan POPT Kecamatan Kalitengah, yang menemukan tanaman padi di Dusun Sumberjo Desa Sugihwaras muncul gejala daun merah,".

"Agens hayati ini supaya disemprotkan saat cuaca sudah dingin, yaitu aplikasi sore hari agar Agens hayati tidak mati, karena organisme hidup. Aturan menyemprot Agens hayati, yaitu 1 gelas Aqua dicampur dengan 15 liter air atau 1 tangki 1 gelas air mineral," tambahnya. 

Jono menambahkan, "Agens hayati ini selain bisa mengendalikan hama dan penyakit juga bisa berfungsi sebagai Pembenah air, pembenah tanah dan juga bisa sebagai penetral residu racun".

"Saya harap petani bisa melaksanakan pertanian ramah lingkungan yang berkelanjutan, salah satunya dengan menggunakan Agens hayati ini," harap Jono. 

Menutup acara gerdal, Mastur menegaskan,  "Agens hayati ini merupakan pengendali alami yang Ramah lingkungan dengan tingkat pengendalian yang tidak kalah dengan Pestisida kimia".
Kartono (085745135415): PPL Kec. Kalitengah Kab. Lamongan,

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »