-->

TENTANG BLOG

"Blog Tentang Pertanian baik pertanian tanaman pangan, hortikultura atau perkebunan, peternakan, perikanan, atau bertani di pekarangan rumah/ urban farming, hidroponik, vertikultur, minaponik, dll"

ARTIKEL TERBARU

By Kartono Farmer (085745135415). Diberdayakan oleh Blogger.

Camat Kalitengah Dorong Petani Atasi Wereng dengan Gerakan Pengendalian Secara Masal

On Februari 24, 2023

Kalitengah (24/2) - Hama Wereng saat ini mulai merajalela, bahhkan ada yang sudah gosong seperti terbakar. Maka harus diadakan gerakan Pengendalian secara masal seperti ini, hasilnya akan lebih efektif. Demikian yang disampaikan Camat Kalitengah Nurul Misbah dihadapan 40 petani peserta gerdal. 

"Kegiatan untuk pengamanan produksi padi, agar tidak gagal panen. Alhamdulillah di Kecamatan Kalitengah sudah dilaksanakan gerakan Pengendalian di 4 Desa, yaitu; Desa Butungan, Desa Pengangsalan, Desa Kuluran dan saat ini di Desa Kalitenga," ujarnya.

"Semoga gerakan pengendalian masal seperti ini bisa dilaksanakan di seluruh Desa Se Kecamatan Kalitengah. Sehingga aman dari wereng dan bisa panen secara maksimal," Harap Camat Kalitengah. 

Senada dengan Camat Kalitengah, Kades Kalitengah, Ardik Marwoto berharap kegiatan ini bisa membawa manfaat bagi petani Desa Kalitengah dan petani bisa panen dengan hasil yang memuaskan. 

Sementara itu, Kortikab POPT Lamongan, Mastur AS, mengajak petani membuat pengendali hama dan penyakit sendiri dengan menggunakan Agens pengendali hayati (APH). "Kita jangan. Hanya tergantung pupuk dan pestisida kimia saja, petani bisa mandiri untuk membuat sendiri dengan bahan bahan dari Alam," Ajak Mastur. 

"Ayo merubah pola pikir, jangan hanya menggunakan kimia. Aslinya dengan penggunaan kimia, biaya produksi pertanian itu akan semakin tinggi," Tambah Mastur. 

"Contohnya, seperti saat ini ada inovasi baru, yaitu BIOSAKA yang bisa berfungsi Sebagai boster tanaman dan bisa menghemat pemakaian pupuk. Kita bisa membuatnya dengan menggunakan bahan rumput-rumputan dan daun-daunan disekitar kita. Penggunaan bahan alami ini selain menghasilkan produk menuju organik juga untuk menjaga lingkungan kita," lanjut Mastur.

Acara dilanjutkan dengan penyemprotan tanaman oleh petani dan survey tanaman padi varietas Pak Tiwi program IP 400 Dinas ketahanan pangan dan pertanian Kabupaten Lamongan, yang seminggu lagi akan panen. 

Oleh: Kartono (085745135415): PPL Kec. Kalitengah Kab. Lamongan,

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »