-->

TENTANG BLOG

"Blog Tentang Pertanian baik pertanian tanaman pangan, hortikultura atau perkebunan, peternakan, perikanan, atau bertani di pekarangan rumah/ urban farming, hidroponik, vertikultur, minaponik, dll"

ARTIKEL TERBARU

By Kartono Farmer (085745135415). Diberdayakan oleh Blogger.

Lomba "Aku Hatinya PKK" Membuktikan Kesuksesan dalam Mewujudkan Ketahanan Pangan Keluarga

On September 12, 2023

Kalitengah, (12/9) - Desa Sugihwaras, Kecamatan Kalitengah, menjadi saksi dari salah satu acara terbesar dalam upaya memajukan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) Pokja III, yaitu lomba "Aku Hatinya PKK." Lomba yang diadakan Selasa (12/9/2023) ini adalah salah satu upaya yang dijalankan oleh PKK untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat, khususnya dalam bidang pemanfaatan pekarangan dalam mendukung ketahanan pangan keluarga. 


Lomba yang digelar di Dusun Pengkol ini menarik perhatian banyak warga dan tim penilai yang terdiri dari perwakilan PKK Kabupaten Ariesta Fakhruddin, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Sugeng dan Arga serta dari Dinas Perikanan, Panca. Kehadiran tim penilai ini menjadi bukti nyata dukungan pemerintah dalam upaya pengembangan sektor pemanfaatan pekarangan untuk mendukung ketahanan pangan keluarga di desa tersebut.


Lomba "Aku Hatinya PKK" yang merupakan kependekan dari Amalkan, kukuhkan, halaman, asri, teratur, indah dan nyaman ini terdiri dari berbagai kategori, termasuk kompetisi pemanfaatan pekarangan yang meliputi sektor pertanian, perikanan, peternakan dan juga kegiatan sosial yang mendukung pengembangan masyarakat. Dalam kategori pertanian, peserta bersaing dalam berbagai aspek, seperti budidaya sayuran, toga, buah, teknik pertanian yang berkelanjutan, dan penerapan inovasi dalam sektor pertanian. Di sisi lain, kategori perikanan menilai usaha yang telah dilakukan dalam meningkatkan hasil budidaya perikanan, keberlanjutan, dan pengelolaan sumber daya perikanan.


Hasil dari penilaian tersebut menunjukkan betapa gencarnya masyarakat RT 3 Dusun Pengkol dalam berupaya meningkatkan kesejahteraan mereka melalui pemanfaatan pekarangan. Masyarakat setempat telah menerapkan teknik pertanian yang ramah lingkungan, seperti penggunaan pupuk organik cair berbahan baku air cucian beras dan sistem irigasi yang efisien seperti irigasi tetes untuk menghemat pemakaian air, apalagi dalam situasi El Nino seperti saat ini yang mengharuskan lebih hemat air. Selain itu, mereka juga telah berkolaborasi dengan kelompok wanita tani (KWT) untuk saling mendukung dan bertukar pengetahuan.

Dalam sektor perikanan, masyarakat setempat juga menunjukkan komitmen mereka terhadap pengelolaan sumber daya perikanan yang berkelanjutan. Mereka mengembangkan budidaya ikan hias berupa ikan koi dan ikan budidaya berupa ikan lele dalam terpal. Budidaya perikanan ini bisa menjadi sumber pangan potensial untuk membantu masyarakat dalam mengatasi stunting. 


Yang lebih menarik perhatian juri, ada budidaya selada dengan sistem hidroponik. Dalam cuaca panas ekstrim ini, budidaya sistem hidroponik masih menghasilkan produk yang prima. Bahkan ada yang menyebut selada disini tidak kalah dengan di Malang, hijau dan menyenangkan. Dewan juri bersama dengan Camat Kalitengah dan PKK panen selada bersama dilanjutkan dengan sortasi dan pengemasan yang selanjutnya dijadikan oleh-oleh yang menarik. 


Ketua PKK Kalitengah, Luthfiyah Nurul Misbah, menyampaikan rasa bangganya terhadap partisipasi aktif masyarakat dalam lomba ini. Dia berharap bahwa keberhasilan lomba "Aku Hatinya PKK" ini dapat menjadi inspirasi bagi desa-desa lainnya untuk meningkatkan kualitas hidup dan mendukung ketahanan pangan keluarga melalui pemanfaatan pekarangan dengan ditanami sayuran, buah, toga, ikan dan lainnya.


Salah satu Tim penilai dari PKK Kabupaten, Ariesta Fakhruddin memberikan apresiasi yang tinggi terhadap upaya PKK RT 03 dan masyarakat Dusun Pengkol dalam mewujudkan pemanfaatan pekarangan untuk ketahanan pangan keluarga. Mereka berjanji untuk terus memberikan dukungan dan bimbingan kepada desa ini dalam upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat.


"Lomba aku Hatinya PKK ini tujuannya agar masyarakat kembali kepada makanan sehat yang kita tanam sendiri dan kita panen sendiri di pekarangan rumah. Tidak usah beli, tapi kita dapatkan dari pekarangan sendiri. Kita bisa panen cabe, terong, tomat untuk sambel dari pekarangan sendiri. Kita Panen ikan dari pekarangan sendiri, ayam juga dari pekarangan sendiri dan juga buah-buahan yang kita makan dari pekarangan sendiri. Kita kembali ke alam produk lebih aman, back to nature," jelas Ariesta Fakhruddin. 


Lomba "Aku Hatinya PKK" di RT 3 Dusun Pengkol Desa Sugihwaras Kecamatan Kalitengah tahun ini telah membuktikan bahwa kolaborasi antara masyarakat, pemerintah, dan berbagai pihak terkait dapat menghasilkan perubahan yang positif dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui sektor pemanfaatan pekarangan untuk ketahanan pangan keluarga. Dusun Pengkol, Desa Sugihwaras, menjadi contoh nyata bahwa mimpi untuk mewujudkan kesejahteraan dapat diwujudkan melalui kerja keras, kolaborasi, dan inovasi. (Kartono-PPL Kec. Kalitengah Kab. Lamongan). 

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »