-->

TENTANG BLOG

"Blog Tentang Pertanian baik pertanian tanaman pangan, hortikultura atau perkebunan, peternakan, perikanan, atau bertani di pekarangan rumah/ urban farming, hidroponik, vertikultur, minaponik, dll"

ARTIKEL TERBARU

By Kartono Farmer (085745135415). Diberdayakan oleh Blogger.

Petani Desa Butungan Ikuti Gerakan Penanganan DPI, Normalisasi Saluran Irigasi

On Februari 26, 2024

Kalitengah (26/2)- Petani Desa Butungan yang tergabung dalam kelompok tani sumber bahagia 01 Desa Butungan mengikuti kegiatan penanganan Dampak perubahan iklim (DPI). Kegiatan yang dikemas dengan Padat karya ini sasarannya untuk normalisasi saluran irigasi di Desa Butungan agar lancar untuk kegiatan budidaya pertanian. Kegiatan dibuka oleh Koordinator POPT Kabupaten Lamongan, Senin (26/2/2024), di Balai Desa Butungan. 

Dalam upaya meningkatkan produktivitas pertanian di tengah tantangan perubahan iklim, petani Desa Butungan turut berperan aktif dalam mengimplementasikan strategi adaptasi. Melalui Gerakan Penanganan DPI, petani bekerja sama dalam membersihkan, memperbaiki, dan mengoptimalkan saluran irigasi guna memastikan suplai air yang cukup untuk tanaman mereka.

Kegiatan penanganan DPI  yang dilaksanakan selama 4 hari ini difokuskan pada wilayah lahan tanaman pangan khususnya padi di Dusun Butungan yang saat ini sudah selesai dipanen. 


Kepala desa Butungan menyampaikan Terimakasih atas program Padat Karya untuk normalisasi saluran yang diselenggarakan di Desa Butungan, khususnya di Poktan sumber bahagia 01. "Ini suatu kesempatan yang baik Desa kami dipilih menjadi lokasi gerakan Penanganan dampak perubahan iklim. Semoga kegiatan ini bermanfaat dan panen padi di Desa Butungan semakin melimpah," ujarnya. 

Mastur As, Koordinator POPT Lamongan mengatakan, "Kegiatan ini untuk memberikan motivasi pada petani, karena dampak El Nino diperkirakan sampai bulan Mei 2024. Sedangkan musim hujan di bulan Maret sudah mengalami penurunan. Maka, saluran air harus diperhatikan, diperlukan pembersihan dan normalisasi saluran agar proses pengairan untuk budidaya pertanian berjalan lancar".

"Sebagai informasi, saat ini terjadi kelembaban tinggi, ada potensi serangan jamur dan organisme pengganggu tanaman (OPT) lainnya, maka diperlukan penanganan OPT secara terpadu," tambah Mastur. 

Menurut Muchid, Ketua Kelompok Tani Sumber Bahagia 01 yang terlibat dalam kegiatan ini, "Normalisasi saluran irigasi sangat penting bagi kami untuk menjaga tanaman tetap subur di tengah El Nino yang semakin panjang akibat perubahan iklim."

Gerakan ini juga mendapat dukungan penuh dari pemerintah Kecamatan Kalitengah, Balai penyuluhan pertanian dan POPT yang menyediakan bantuan teknis dan sumber daya lainnya untuk memastikan kelancaran pelaksanaan normalisasi saluran irigasi.

Dengan partisipasi aktif petani Desa Butungan dalam Gerakan Penanganan DPI ini, diharapkan produksi pertanian di wilayah tersebut dapat tetap berkelanjutan dan mampu menghadapi tantangan yang ditimbulkan oleh perubahan iklim. (Kartono, PPL Kec. Kalitengah)

Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »