-->

TENTANG BLOG

"Blog Tentang Pertanian baik pertanian tanaman pangan, hortikultura atau perkebunan, peternakan, perikanan, atau bertani di pekarangan rumah/ urban farming, hidroponik, vertikultur, minaponik, dll"
By Kartono Farmer (085745135415). Powered by Blogger.

Inilah Refugia Poktan Sumber Mulyo Kediren, Mana Refugiamu?

On February 16, 2019


Inilah Refugia Poktan Sumber Mulyo Kediren, Mana Refugiamu?





Kelompok Tani Sumber Mulyo 01 mengembangkan tanaman refugia bunga kertas. Sebagai pilot projectnya ditanam di lahan petani millenial yang berada di selatan desa kediren sebelah lapangan Voly.

Refugia bunga kertas ini tumbuh subur di pematang lahan sebelah dalam. Karena dalam satu lahan ditanami berbagai tanaman istilahnya tumpang sari. Pematang lahan sawah milik mas Nardi ini selain ditanami bunga kertas sebagai refugia juga ditanami berbagai jenis hortikultura diantaranya kembang kol, kacang panjang dan cabe. Lahan seluas 200 ru ini ditanami padi yang saat ini berumur sekitar 40-50 hari.


Menurut pemilik lahan awalnya enggan untuk menanam bunga kertas di sawah. Pandangnnya simpel dan manusiawi sama juga dengan pembicaraan kebanyakan orang “kembang kertas kok ditandur ndok sawah, eman tanah e, enak ditanduri timun ...” (baca: bunga kertas kok ditanam di sawah, sayang tanahnya, khan bisa ditanami timun..). tapi setelah ditanam di pematang bagian dalam ternyata bagus juga. Selain sedap dipandang, ternyata banyak manfaatnya. Kelihatan sekali kalau pagi hari bunga kertas yang beraneka warna ini sering didatangi serangga predator atau musuh alami seperti tawon, kupu-kupu, kumbang dan laba-laba.


Penanaman bunga kertas di pematang ini merupakan program dari BPP Kecamatan Kalitengah. Awalnya setengah dipaksa petani diberi beberapa bungkus benih bunga kertas yang diambil dari lahannya H. Anam Kuluran, petani yang menerima benih tersebut wajib menanam di pematang sawah. Hasilnya beberapa kelompok sudah menanamnya termasuk kelompok suber mulyo 01, harta agung IV. Ini bisa menjadi contoh bagi teman-teman petani lainnya.



Program penanaman bunga kertas  di sawah ini memang merupakan salah satu program menuju Managemen Tanaman Sehat (MTS) dengan memanfaatkan tanaman refugia sebagai tempat habitat serangga predator dan musuh alami bagi hama tanaman.

Bunga kertas hasil pengebangan yang sudah ada ini akan diambil benihnya dan akan disebarkan lagi ke kelompok tani dan petani lainnya.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »