-->

TENTANG BLOG

"Blog Tentang Pertanian baik pertanian tanaman pangan, hortikultura atau perkebunan, peternakan, perikanan, atau bertani di pekarangan rumah/ urban farming, hidroponik, vertikultur, minaponik, dll"
By Kartono Farmer (085745135415). Powered by Blogger.

Poktan Sumber Bahagia Adakan Gerakan Pengendalian HPT Padi Serentak

On February 16, 2019

Poktan Sumber Bahagia Adakan Gerakan Pengendalian Hama Padi Serentak


Kelompok Tani Sumber Bahagia II bersama dengan BPP Kec. Kalitengah dan Muspika mengadakan  Gerakan Pengendalian HPT Padi di Desa Butungan Kec. Kalitengah pada Jumat (8/2/2019). Gerakan ini dilakukan dalam rangka pengamanan produksi padi di Kelompok Sumber Bahagia II. Hadir dalam acara tersebut Sekcam Kalitengah Syukri, Kasi Kesbang Kecamatan Kalitengah Hari Nurrohman, Koordinator BPP Kecamatan Kalitengah Sudarto, POPT Kecamatan Kalitengah Mastur As, Perangkat Desa Butungan dan Pengurus Kelompok Tani Sumber Bahagia II bersama dengan puluhan anggota kelompok tani . 


Sasaran Pengendalian Serentak di Desa Butungan ini adalah untuk mengatasi Hama Sundep dan untuk mengatasi gejala asem-aseman pada tanaman padi.

Pada waktu yang sama dibagikan pula pestisida sebanyak 4 kardus dari BPP Pertanian Kecamatan Kalitengah dan juga swadaya dari Kelompok Tani Sumber Bahagia II.

Samiaji, Kasun Butungan mengatakan "ini adalah gerakan pengendalian yang kesekian kalinya diadakan di Dusun Butungan, terima kasih pada Bapak Camat atau yang mewakili, serta dari Dinas Pertanian. Semoga Hama Penyakit teratasi dan Warga Butungan bisa panen padi".


POPT Kalitengah, Mastur AS menjelaskan tentang cara pengendalian hama sundep serta siklus hidupnya. PPL Kalitengah dalam hal ini sebagai pendamping petani di wilayah Kecmatan Kalitengah juga menjelaskan secara rinci tentang gejala asem-aseman pada tanaman padi mulai dari gejala, penyebabnya dan cara penanggulangannya. "..kalau terkena asem-aseman jangan dipupuk urea dulu, karena bisa menyebabkan makin parah" Jelas Sudarto PPL Kalitengah. Adapun materi tentang cara mengatasi gejala asem-aseman akan dibahas pada artikel tersendiri.


Sekcam Kalitengah Sukri dalam sambutannya juga menjelaskan tentang pentingnya pengendalian Hama Penyakit Tanaman termasuk pengendalian hama Tikus yang harus dilakukan serentak atau gropyok an.

VIDEO KEGIATAN BISA DILIHAT DI CHANNEL YOUTUBE BERIKUT:
 https://www.youtube.com/watch?v=ciGuAQnt1iw&t=79s









Next
« Prev Post
Previous
Next Post »