-->

TENTANG BLOG

"Blog Tentang Pertanian baik pertanian tanaman pangan, hortikultura atau perkebunan, peternakan, perikanan, atau bertani di pekarangan rumah/ urban farming, hidroponik, vertikultur, minaponik, dll"

ARTIKEL TERBARU

By Kartono Farmer (085745135415). Diberdayakan oleh Blogger.

BSIP Malang Gandeng BPP Kalitengah Uji Coba Perlakuan Pupuk pada Padi

On Oktober 19, 2023


Kalitengah (19/10) - Badan Standarisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Malang kerjasama dengan BPP Kalitengah untuk melakukan uji coba perlakuan pupuk pada tanaman padi irigasi, kegiatan pertemuan pertama yang diisi dengan perkenalan dan sosialisasi ini diadakan di aula BPP Kalitengah, Kamis (19/10/2023). 


Dalam sambutannya Koordinator BPP Kalitengah, Sudarto, melaporkan bahwa tahun ini hasil panen padi petani sangat bagus. dari luas tanam 2.982 hektar, luas yang baru dipanen 2.446 hektar, dengan rata rata produktivitas 7,4 ton/hektar maka total produksi  mencapai 22.066 ton. Saat ini masih ada sekitar 536 hektar tanaman MK II yang belum panen hingga minggu kedua bulan November 2023.  "Selain produksi bagus, harga padi juga sangat tinggi, mencapai Rp. 7.600/kg GKP," Kata Sudarto. 

"Terimakasih atas kehadiran Kepala BSIP DR. Atekan yang kebetulan juga asli Lamongan bersama peneliti, selamat datang di BPP Kalitengah. Terima kasih telah memilih BPP Kalitengah dan petani kalitengah sebagai tempat penelitian atau uji coba pupuk. Mohon kiranya ilmu dan tekologi pertanian khususnya tentang teknologi padi terbaru bisa disampaikan ke petani," pinta Sudarto. 

DR. Atekan dalam sambutannya mengatakan, "Lamongan ini luas sawahnya sangat besar, termasuk 10 besar di Indonesia, termasuk lumbung pangan nasional, maka tidak salah kalau kita buat sebagaisasaran uji coba. Kegiatan uji coba ini kerjasama dengan IRRI, pusat penelitian padi yang kantornya ada di Filipina". 

Lebih lanjut Atekan mengatakan, "Padi varietas Inpari ini merupakan varietas padi yang dihasilkan dari penelitian di kantor kami BISP, Alhamdulillah cocok ditanam di Kalitengah, terutama inpari 42 dan 32. Selain Inpari, juga ada varietas padi inpago yang ditanam di lahan kering dan varietas Inpara yang dapat ditanam di lahan rawa atau genangan". 

"Saya sudah ngecek di Lamongan, hasil padi tahun ini produksinya bagus, dan ternyata harganya juga sangat bagus," ungkapnya. 

Uji coba padi tahun ini alhamdulillah bisa dilaksanakan di Kalitengah Lamongan. Nanti kita uji dengan teknologi pupuk, maka Uji coba ini harus sesuai dengan juknisnya. Tujuannya untuk mencari rekomendasi pemupukan yang sesuai. Ketika tanam 2 musim, maka pemupukan harus segini, kalau tanam di lahan tambak pupuknya harus segini, dan lainnya. Walaupun nanti uji coba agak ribet, mohon diikuti sesuai arahan penanggung jawab Uji coba.

Selain uji coba, kegiatan ini merupakan kegiatan pancingan, karena hasil uji coba ini bisa menjadi rekomendasi pemupukan di Indonesia bahkan di dunia. "Nama Kalitengah bisa saja disebut di luar negeri, karena menggunakan hasil penelitian di Kalitengah" Kata Atekan. 

"Mudah-mudahan ada program-program lain yang bisa kita sinergikan dengan petani di Kalitengah," Pungkas Atekan. 

Adi, Koordinator uji coba perlakuan padi menambahkan, Uji coba ini arahnya untuk efisiensi pupuk dan cara pemupukan yang tepat. Rekomendasi ini tidak hanya jumlah pupuk tapi juga antisipasi bagaimana agar tanaman padi tidak roboh*).

*) Kartono  (PPL Kec. Kalitengah Kab. Lamongan)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »