-->

TENTANG BLOG

"Blog Tentang Pertanian baik pertanian tanaman pangan, hortikultura atau perkebunan, peternakan, perikanan, atau bertani di pekarangan rumah/ urban farming, hidroponik, vertikultur, minaponik, dll"
By Kartono Farmer (085745135415). Powered by Blogger.

Banyak yang Tidak Tahu!, Inilah Varietas Padi Anti Stunting, Inpari IR Nutri Zinc

On November 27, 2019

Banyak yang Tidak Tahu!, Inilah Varietas Padi Anti Stunting,
Inpari IR Nutri Zinc


Stunting saat ini menjadi isu Nasional. Bagaimana tidak ternyata
Angka prevalensi kekurangan gizi khususnya Zn di Indonesia masih tergolong tinggi, sekitar 36,2%. Berdasarkan data 2017 dari Tim Percepatan Penanggulangan Kemiskinan bahwa pemerintah telah menerbitkan daftar 100 kabupaten dengan permasalahan stunting yang perlu segera ada penanganan.

Pada tahun 2018, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kementerian Pertanian berkolaborasi dengan IRRI dan Harvest Plus melepas varietas padi dengan kandungan Zn tinggi dengan nama Inpari IR Nutri Zinc, ini upaya kontribusi nyata dalam mengatasi stunting.

Padi Varietas Inpari IR Nutri Zinc mempunyai banyak kelebihan dibanding beberapa varietas lain dalam hal kandungan Zn. Berdasarkan data deskripsi yang dikeluarkan melalui Surat Keputusan Menteri Pertanian tahun 2019, bahwa kandungan Zn  varietas Inpari  IR Nutri Zinc ini sebesar 34,51 ppm sementara varietas lain seperti Ciherang memiliki kandungan 24.06 ppm.

Dengan ditanamnya padi Padi Varietas Inpari IR Nutri Zinc ini diharapkan dapat mensukseskan program pemerintah dalam mengatasi kekurangan gizi  Zinc dan meminimalisir stunting di Indonesia.

Perlu diketahui bahwa kekurangan Zn dalam tubuh dapat berakibat menurunnya daya tahan tubuh, produktifitas, dan kualitas hidup manusia selain itu kekurangan gizi Zn juga menjadi salah satu faktor kekerdilan atau stunting.
Varietas Padi Varietas Inpari IR Nutri Zinc memiliki kadar amilosa 16,6 persen dan potensi kandungan Zn 34,5i ppm.  Padi Varietas Inpari IR Nutri Zinc  Selain kaya nutrisi, juga memiliki produktivitas tinggi, tahan WBC, Blas, dan Tungro, serta rasa nasi enak dan.



Kartono (085745135415): PPL Kec. Kalitengah Kab. Lamongan,

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »