-->

TENTANG BLOG

"Blog Tentang Pertanian baik pertanian tanaman pangan, hortikultura atau perkebunan, peternakan, perikanan, atau bertani di pekarangan rumah/ urban farming, hidroponik, vertikultur, minaponik, dll"
By Kartono Farmer (085745135415). Powered by Blogger.

TERBARU, Metode Persemaian Padi Menggunakan Jaring

On December 02, 2019

TERBARU, Metode Persemaian Padi Menggunakan Jaring



"Inovasi tiada henti", kata ini sering sekali kita dengar karena merupakan slogan salah satu perusahaan otomotif terkenal. Dalam dunia pertanian, Inovasi menjadi suatu keharusan. Inovasi diperlukan dalam usaha meningkatkan hasil produksi pertanian dan efisiensi biaya produksi pertanian. Muaranya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani.


Salah satu inovasi yang bisa kita tiru dan wajib dicoba adalah metode persemaian padi menggunakan jaring ikan ukuran 1 mm, dengan panjang 100 meter dan lebar 120 cm. Jaring ikan ukuran 1 rol ini bisa digunakan untuk menyemai benih padi sebanyak 100 kg yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan tanam padi seluas 5 Ha.

Metode persemaian dengan menggunakan jaring ini memiliki banyak Keunggulan dibandingkan dengan persemaian biasa, diantaranya: memudahkan pencabutan, akar tidak putus sehingga mengurangi kematian benih di awal tanam, dan waktu pencabutan lebih cepat dan berdampak pada biaya yang lebih murah.

Untuk menerapkan metode persemaian menggunakan jaring ini tahapannya sebagai berikut:
- menyiapkan bedeng persemaian,
- bentangkan jaring kemudian dilapisi lumpur 1-2 cm.
- Benih direndam 2-3 malam sampai berkecambah,
- lalu ditaburkan di bedeng persemaian.
- benih berumur 14 hari sampai 21 hari siap pindah tanam, bisa menggunakan Transplanter atau ditanam oleh regu tanam.

Metode ini telah sudah diaplikasikan oleh kelompok tani Membramo, Dusun Rabone, Desa Angkaes, Kecamatan Weliman, Malaka, NTT. Dengan percobaan seluas 10 Ha.

Metode persemaian menggunakan jaring ini sangat cocok diaplikasikan di Kabupaten Lamongan terutama lahan sawah tambak, karena lokasinya berlumpur.



Kartono (085745135415): PPL Kec. Kalitengah Kab. Lamongan,

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »