-->

TENTANG BLOG

"Blog Tentang Pertanian baik pertanian tanaman pangan, hortikultura atau perkebunan, peternakan, perikanan, atau bertani di pekarangan rumah/ urban farming, hidroponik, vertikultur, minaponik, dll"
By Kartono Farmer (085745135415). Powered by Blogger.

Amankan Produksi Pangan, Camat Kalitengah Canangkan "10 Ha 1 Rubuha"

On February 21, 2022

Inovasi Lagi!!! Camat Kalitengah Mencanangkan gerakan Pendirian Rumah Burung Hantu  "10 Ha 1 Rubuha" hal ini untuk mengendalikan hama tikus secara alami dan jangka panjang, harapannya petani bisa sejahtera, makmur. dan bahagia. video lengkapnya bisa dilihat di Link berikut:
https://youtu.be/mStTDo-O8H8

Untuk mengendalikan hama tikus yang masih merajalela, Camat Kalitengah bersama jajaran Muspika dan Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Kalitengah membuat program pengendalian jangka panjang, yaitu gerakan pendirian RUBUHA (Rumah Burung Hantu) minimal dalam 10 Ha 1 Rubuha. 
"dengan ucapan Bismillahirrahmanirrahim, pencanangan pendirian Rumah Burung hantu di Desa Kalitengah, Kecamatan Kalitengah ini diikuti seluruh desa di Kalitengah". 

Lebih lanjut Camat Kalitengah menyampaikan "di Dunia ini semua ada musuh alaminya, agar tikus tidak berkembang, maka kita manfaatkan musuh alaminya, yaitu Burung Hantu. Saat ini pengendalian hama tikus dengan Racun dan stroom itu sangat berbahaya. Kalau menggunakan predator burung hantu ini secara alami dan dalam jangka panjang".

"Paling tidak satu desa bisa membangun rumah burung hantu dengan standar kawasan 10 Ha lahan 1 Rumah Burung hantu," tambah Mulkan. 

Kades Kalitengah, Ardik menerangkan, Kalitengah luasnya 54 Ha dan kita pasang 12 unit Rubuha atau 4,5 Ha lahan 1 Rubuha. 

saat ini di Kalitengah sudah ada 3 Desa yang sudah ada rumah burung hantunya yaitu Butungan dengan 20 Rubuha, Kalitengah dengan 12 Rubuha dan Sugihwaras dengan 6 Rubuha. pemasangan Rubuha ini juga akan diikuti oleh desa-desa yang lain. 

Untuk mencapai ketahanan pangan yang berkeadilan, memang diperlukan langkah strategis pengamanan nya, terutama pengamanan dari serangan hama tikus. 

langkah program pencanangan gerakan pengendalian Tikus dengan cara membuat rumah burung hantu ini merupakan program pengendalian Tikus jangka panjang yang dilakukan secara alami dengan menggunakan predator tikus, yaitu burung hantu.

@bppkalitengah 
@kartonolamongan 
@watini.ok 
@saliha.store 
@onyfahmy 
@khusnunnisa 
@sudartoitok

Kartono (085745135415): PPL Kec. Kalitengah Kab. Lamongan,

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »