-->

TENTANG BLOG

"Blog Tentang Pertanian baik pertanian tanaman pangan, hortikultura atau perkebunan, peternakan, perikanan, atau bertani di pekarangan rumah/ urban farming, hidroponik, vertikultur, minaponik, dll"
By Kartono Farmer (085745135415). Powered by Blogger.

Dosen Wageningen University Belanda Kunjungi Petani Mungli Terkait Sistem Minapadi

On October 16, 2019

Dosen Wageningen University Belanda Kunjungi Petani Mungli Terkait Sistem Minapadi


Desa Mungli patut berbangga diri karena pada Senin(14/10/2019) mendapat kunjungan dari 3 Dosen Wageningen University Belanda bersama dengan Dosen Unibraw Malang, Dosen Unmuh Gresik dan puluhan Mahasiswa Unmuh Gresik.

Menurut Penerjemah yang juga Dosen Unibraw Uma Khumairah menyampaikan, Yang datang ini adalah Dosen dari Wageningen University Belanda yang sedang melaksanakan riset tentang dampak perubahan iklim terhadap pertanian. Salah satu tujuan 3 Dosen dari Belanda ini  datang ke Indonesia untuk mengetahui sejauh mana manfaat dan keuntungan dari penerapan sistem minapadi yang diterapkan petani.

"Dosen Belanda ini memang setiap tahun ada program riset diluar negeri selama 4 bulan dan di Danai pemerintahnya. Hasil riset ini akan disampaikan sebagai materi kuliah di Universitas Wageningen Belanda, yang merupakan salah satu Universitas dengan jurusan pertanian terbaik di dunia" jelas Uma.

Elizabeth Feed, Annemich Pas Schrijen dan marielte Mccampbell sangat tertarik dengan sistem minapadi di Desa Mungli Kalitengah. Mereka bertanya "sejak kapan bertani dengan sistem minapadi? dan saat ini siapa yang membina", "Sudah sejak 18 tahun yang lalu dan saat ini didampingi penyuluh pertanian, Pak Darto" jawab Kusno, Petani Mungli.

"Bagaimana keuntungan nya tanam sistem minapadi dibandingkan dengan sistem biasa?, Kalau pupuknya tambah apa berkurang?" Tanya dosen Belanda.
"Hasilnya lebih banyak sistem minapadi dan pupuknya lebih berkurang", jawab Kusno.

Koordinator Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Kalitengah, Sudarto menyampaikan, "saya berharap dengan datangnya 3 Dosen Asing ini, ada kerjasama lebih lanjut untuk pengembangan potensi Pertanian Kecamatan Kalitengah"

Untuk lebih jelasnya liputan kunjungan 3 Dosen belanda, bisa dilihat dalam video berikut:




Kartono(085745135415): PPL Kec. Kalitengah Kab. Lamongan,

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »