-->

TENTANG BLOG

"Blog Tentang Pertanian baik pertanian tanaman pangan, hortikultura atau perkebunan, peternakan, perikanan, atau bertani di pekarangan rumah/ urban farming, hidroponik, vertikultur, minaponik, dll"
By Kartono Farmer (085745135415). Diberdayakan oleh Blogger.

Kunjungi Kebun selada Hidroponik, KWT Sejahtera: di Lamongan tapi Seperti di Malang!

On Januari 13, 2022


Kalitengah - Paguyuban Kelompok Wanita Tani (KWT) "Sejahtera" Kecamatan Kalitengah berkesempatan mengunjungi Kebun Selada Hidroponik "San Farm" di Desa Kediren. Kunjungan disela-sela Pertemuan rutin Asosiasi KWT ini dilaksanakan pada Rabu (12/01/2021). 

Di dampingi PPL dari BPP Kalitengah Kartono dan Rizqi, sebanyak 25 anggota KWT melihat secara langsung kebun hidroponik "san farm"di lantai II atau rooftop disebelah Utara balai desa Kediren. 

Saat masuk ke kebun hidroponik, ibu-ibu Anggota KWT terkesima, ternyata ada kebun sayur sebagus ini di Kalitengah. Ketua Paguyuban KWT Sejahtera, Lisana mengatakan "Nggak nyangka ternyata di Kalitengah yang daerahnya panas bisa tumbuh selada sebagus ini. Melihat hijau dan segarnya sayuran yang ditanam dengan sistem hidroponik ini, kami seperti berada di Malang Jawa Timur". 

"Ketika capek, fikiran penat, sedih masuk ke kebun hidroponik ini melihat sayur segar bisa fresh lagi," imbuh Lisana. 

"Kami jadi tahu ternyata, budidaya sayuran tidak hanya diusahakan di sawah, tetapi juga bisa diusahakan di pekarangan rumah atau di lantai II dengan hasil yang maksimal, seperti di kebun hidroponik San farm ini," terang Lisana.


Anggota KWT juga diterangkan cara budidaya selada Hidroponik mulai dari pembibitan sampai panen dalam umur 2 bulan ini. Menurut operator kebun, Saifud, untuk produksi selada Hidroponik ada 3 tahap, yaitu tahap pembibitan tanaman selama 2 Minggu, kedua tahap remaja selama 2 Minggu dan tahap dewasa selama 3-4 Minggu. 

Saat mau membeli sayuran selada Hidroponik yang besar-besar, anggota KWT sempat kecewa ternyata seladanya sudah dipesan oleh supplier super market di Surabaya. Tetapi rasa kecewa terobati karena bisa beli sayuran dengan kualitas no. 2. Akhirnya sebagian anggota KWT memborong sayur hidroponik. Ternyata Sampai dirumah langsung di eksekusi, ada yang dibikin toping burger, campuran tahu campur, lalapan bahkan ada yang dijadikan tanaman hias. 

Kartono (085745135415): PPL Kec. Kalitengah Kab. Lamongan,

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »