-->

TENTANG BLOG

"Blog Tentang Pertanian baik pertanian tanaman pangan, hortikultura atau perkebunan, peternakan, perikanan, atau bertani di pekarangan rumah/ urban farming, hidroponik, vertikultur, minaponik, dll"
By Kartono Farmer (085745135415). Powered by Blogger.

Tanam Ubi Jalar Sistem Vertikultur, Mungkinkah?

On November 05, 2019

Tanam Ubi Jalar Sistem Vertikultur, Mungkinkah Bisa?


Tanam ubi jalar biasanya di lahan sawah, Tegal atau pematang. Tanaman ini umumnya ditanam untuk diambil umbinya. Bagaimana kalau ubi jalar ditanam sistem Vertikultur Paralon yang notabene tempatnya terbatas, medianya juga sedikit. Apa bisa muncul umbinya?, Mungkinkah bisa panen?.

Kalau ditanya apa bisa muncul umbinya?, Secara terang-terangan bisa dijawab tidak bisa sebesar biasanya, karena memang ubi jalar untuk tumbuh dengan baik memerlukan media dan tempat yang subur dan agak longgar, karena ada ubi jalar yang dalam 1 batang bisa berumbi 2-3 kg bahkan lebih. Padahal dalam Vertikultur Paralon diameternya hanya 7,5 cm dan itupun dibuat bertumpuk dan bertingkat sehingga medianya sedikit dan kurang longgar.

Kalau pertanyaan nya bisakah panen? Bisa dijawab bisa!. Yang dipanen adalah daunnya.  Perlu diketahui bahwa ubi jalar selain diambil umbinya ternyata juga diambil daunnya untuk sayur, baik sebagai sayur pecel atau lalapan.

Manfaat sebagai sayuran inilah yang diinginkan oleh kelompok kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) Desa Kediren, Kecamatan Kalitengah, Kabupaten Lamongan. Saat ini KRPL Sumber Mulyo mulai mengembangkan sayuran dari ubi jalar secara Vertikultur Paralon.

Tanam ubi jalar sistem Vertikultur ini sebagai inovasi baru KRPL Sumber Mulyo. Selain sebagai sumber vitamin dan mineral dengan dikonsumsi sebagai sayuran, juga dapat digunakan untuk menghias pekarangan rumah. Istilah nya mempunyai nilai ekonomis dan estetika yang tinggi.

Inovasi ini ada bukti dari slogan KRPL Sumber Mulyo yang GILA (Gagasan ide langsung aksi). Awalnya ada diskusi dan sharing saat pengambilan data penelitian Doktoral Ibu Emmy Hamidah tentang BOLET LAMONGAN alias ubi jalar. Lalu muncul ide bagaimana kalau ubi jalar ditanam sistem Vertikultur, kalau nggak panen umbinya Khan bisa panen daunny untuk Sayuran. Dan ide ini diwujudkan KRPL Sumber Mulyo.

Ini baru sekedar uji coba ya, hasilnya bisa dilihat pertengahan Desember 2019. Yang penasaran tunggu aja tanggal mainnya ya.

Soo.. kawan-kawan jangan diremehkan ubi jalar alias BOLET Lamongan ini ya. Kalau potensi ubi jalar atau Bolet ini digarap secara maksimal, hasilnya bisa mendunia loh... Semangat.

Kartono (085745135415): PPL Kec. Kalitengah Kab. Lamongan,

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »